8 Jenis Kopi Terbaik

8 Jenis Kopi Terbaik Nusantara! Kenali Karakteristiknya Di Sini…

Kopi terbaik nusantara rupanya tidak hanya dikenal secara lokal saja, namun juga telah mendunia. Tidak heran bila Indonesia disebut sebagai salah satu negara terbesar penghasil kopi di dunia. Kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa khas dan berbeda, mari kenali karakteristiknya di sini…

8 Jenis Kopi Terbaik Nusantara

Kebun kopi merupakan bentuk sumber daya alam yang dimiliki oleh Indonesia, keberadaannya tersebar di sejumlah daerah. Menariknya setiap daerah memiliki cara pengolahan yang unik dan berbeda. Sehingga dapat menciptakan berbagai jenis kopi terbaik nusantara yang dikenal dunia.

Berikut 8 jenis kopi terbaik nusantara, bahkan beberapa di antaranya termasuk yang populer di dunia antara lain :

1.      Kopi Gayo

Kopi Gayo merupakan komoditas dari Dataran Tinggi Gayo – Aceh. Kopi Gaya memiliki karakteristik aroma yang kuat, dengan tingkat keasaman rendah. Uniknya kopi Gayo memiliki rasa rempah, di mana ada efek spice nya sehingga tidak terlalu pahit.

Karakteristik tersebut membuat kopi Gayo berbeda dari daerah lainnya seperti di Jawa atau bahkan Sulawesi. Oleh karena itu, jenis kopi Gayo ini sangat disukai oleh wisatawan luar negeri. Sebut saja di antaranya adalah orang Amerika Serikat dan Eropa.

Baca juga : Kopi Kegunaan, Sejarah, dan Pengetahuan Pentingnya

2.      Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang berasal dari kota Sumatera Utara. Kopi Sidikalang merupakan primadona di tanah Sumatera. Hal lain yang menarik adalah kopi Sidikalang dikenal sebagai pesaing kopi Brazil yang terbaik di dunia.

Kopi Sidikalang berasal dari biji kopi robusta, dengan kadar kafein yang tergolong tinggi, di kisaran 70% – 80%. Membuat kopi Sidikalang memiliki karakteristik rasa yang kuat dengan aroma kacang-kacangan. Namun tingkat keasamannya justru lebih rendah.

Dari itu, kopi Sidikalang cocok bagi penderita masalah lambung namun tetap ingin minum kopi. Uniknya rasa pahit khas cokelat, justru memberikan sensasi yang beda. Ditambah dengan aroma yang tidak tajam.

3.      Kopi Liwa

Kopi Liwa merupakan salah satu nama dari jenis kopi Luwak. Secara umum, kopi Liwa diproduksi menjadi dua aroma yakni gingseng dan pinang. Proses pengolahannya juga masih menggunakan cara lama.

Berasal dari daerah pegunungan Liwa di Lampung. Kopi Liwa memiliki aroma yang harum dan rasa yang tidak begitu pahit, dengan keasaman yang termasuk rendah. Cita rasa juga menggoda seperti perpaduan Nutty dan Caramel.

4.      Kopi Arang

Kopi Arang merupakan minuman khas Jogja. Disebut arang bukan tanpa alasan. Di mana karena penyajian kopi menggunakan arang.

Baca juga  Robusta Biji kopi dengan Segudang Fakta Unik, Yuk Intip!

Jadi ketika air masih mendidih, arang langsung dimasukkan ke dalam kopi. Hingga menimbulkan suara jos. Dengan proses yang unik tersebut, tidak jarang kopi arang juga disebut sebagai kopi jos.

Kopi Arang rasanya cukup pahit, namun ada manis-manisnya. Dikombinasikan dengan rasa asam yang disebabkan oleh arang. Di sini perlu digarisbawahi bahwa arang yang digunakan itu khusus, tentunya masih bersih.

5.      Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan komiditas yang berasal dari Sulawesi Selatan. Kopi Toraja memiliki dua macam jenis yaitu Toraja Arabika dan Toraja Robusta. Sebutan Toraja sendiri menjadi ikon kopi terbaik di nusantara.

Tidak hanya itu, kopi Toraja telah lama dikenal oleh seluruh dunia. Banyak negara-negara yang menjadikan kopi Toraja sebagai komoditas impor nya. Dikenal sebagai salah satu kopi dengan kenikmatan yang khas.

Karakteristiknya yang berwarna cokelat tua, dengan aroma yang harum. Umumnya kopi Toraja memiliki cita rasa wangi buah, sehingga tidak terlalu pahit. Tingkat asamnya juga tergolong rendah, membuatnya sangat aman dikonsumsi penderita lambung.

6.      Kopi Kintamani

Kopi Kintamani berasal dari Pulau Dewata – Bali. Kopi ini jenisnya sama seperti Arabika, dengan rasa yang juga tidak berbeda jauh. Namun tetap memiliki karakteristiknya sendiri.

Dengan cita rasa dan aroma kopi yang mengandung citrus, ditambah dengan karamel dan cokelat. Membuatnya tidak pahit, justru cenderung asam seperti rasa jeruk. Efek yang dihasilkan ialah menenangkan ketika di konsumsi.

7.      Kopi Flores

Kopi Flores atau lebih dikenal dengan sebutan Arabika Flores Bajawa. Berasal dari dataran tinggi di Ngada Flores – Nusa Tenggara Timur. Tidak banyak yang tahu, bahwa Flores memiliki dua jenis kopi yakni Manggarai dan Bajawa.

Eksistensi kopi Flores sendiri rupanya sudah mendunia. Bahkan harganya dibanderol dengan sangat tinggi, dibandingkan kopi daerah lain. Beberapa negara tercata mengimpor kopi Flores ini, seperti Amerika, Eropa dan lainnya.

Karakteristik kopi Flores memiliki aroma yang kuat. Namun rasanya cenderung manis dan tingkat asam nya seimbang. Ditambah dengan cita rasa kacang macadamia, helznut, karamel, cokelat, termasuk herbal di dalam kandungannya.

8.      Kopi Wamena

Berasal dari pegunungan Jayawijaya – Papua, dengan sebutan paling dikenal kopi Arabika Wamena. Merupakan komoditas kopi berkualitas di tanah Papua. Bahkan kopi Wamena sudah sampai ke pasar internasional

Karakteristik yang dimiliki kopi Wamena ialah cita rasa unik, karena perpaduan jeruk, herbal dan nutty. Keasamannya juga rendah dengan aroma yang harum. Kopi ini dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia.

Pengolahan kopi yang berbeda di setiap daerah, tentu membuatnya memiliki banyak jenis. Bahkan dari 8 jenis kopi terbaik nusantara di atas telah berhasil menembus pasar internasional. Bahkan di antaranya berhasil menjadi minuman fenomenal berbagai kalangan usia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.