Membuat Kopi Hitam Bubuk

Cara Mudah Membuat Kopi Hitam Bubuk Tradisional Homemade

 

Salah satu minuman yang asli enak ternyata jatuh pada kopi hitam bubuk tradisional homemade. Minuman kopi hitam panas ini bisa dibuat oleh sendiri atau dibeli secara instan. Ketika diteguk tentu saja akan memberikan kesan nikmat pada tenggorokan.

Kopi instan atau kopi bubuk buatan sendiri ternyata bisa dibeli meskipun masih dalam bentuk bini yang diolah menggunakan mesin penggiling. Selain itu, bisa juga dibuat secara tradisional, yaitu dengan cara buah kopi dikeringkan, dijemur menggunakan sinar matahari yang terik.

Apabila tidak memakai cara tradisional, maka bisa menggunakan cara modern yang sudah memakai mesin kopi canggih.

Kopi, minuman ini sangat banyak penggemarnya. Semakin berkembangnya zaman, pengemasan dan pemasarannya beragam. Kini, kopi semakin menjadi minuman terdepan yang digemari kalangan.

Untuk pria sejati, biasanya minum kopi hitam bubuk dibuat minuman panas dan hangat, lalu ditambahkan gula sedikit ke dalamnya, diaduk merata, sudah terasa paling enak dan mantap.

Jenis kopi yang digunakan pun bebas sesuai selera dan pilihan masing-masing. Bisa itu kopi arabica, atau kopi jenis yang lainnya.

Cara Mudah Membuat Bubuk Kopi Sendiri:

Cara tradisional tentunya bisa digunakan untuk membuat minuman dari kopi bubuk. Caranya pun tidak sulit, dapat diikuti dengan mudah. Hanya saja, proses pengeringan kopi bubuk memakan waktu yang lama karena mengandalkan sinar matahari.

Akan tetapi, kini sudah bisa mengolah kopi dengan menggunakan mesin kopi modern yang bisa dibeli oleh siapa pun di toko mesin. Jika ingin membuat kopi bubuk secara tradisional, maka berikut langkah yang perlu diikuti.

  1. Memilih biji kopi yang bagus adalah kewajiban. Setelah dipilih, maka segera keringkan di bawah sinar matahari langsung. Apabila biji kopi telah kering, maka gorenglah dengan cara disangrai (menggoreng tanpa minyak).

Tunggulah sampai warnanya kecokelatan, baru angkat. Setelahnya, barulah giling atau tumbuh biji kopi tersebut hingga halus menjadi bubuk.

  1. Setelah halus, maka bubuk kopi siap untuk diseduh menjadi minuman kopi. Sebaiknya, bubuk kopi disimpan pada wadah yang rapat, seperti toples yang tidak lembab, dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Apabila kopi bubuk telah tersedia, maka tentu saja kita sudah bisa meraciknya untuk dijadikan minuman kopi hitam yang nikmat. Aneka resep kopi hitam yang siap diolah, cara meraciknya juga bisa dipraktekan supaya menghasilkan secangkir kopi yang mantap.

Baca Juga : Cara Menyeduh Kopi, Teknik dan Membuatnya Agar Nikmat

Di rumah aja, kita bisa melakukan hal tersebut dengan simpel, mudah, dan praktis untuk dikonsumsi sendiri, tamu, bisnis, atau orang penting lainnya. Berikut adalah varian resep bubuk kopi hitam yang perlu diikuti.

Baca juga  Tutorial Pembuatan Kopi Tahlil Khas Pekalongan

Bahan yang perlu disiapkan:

  1. Pakailah bubuk kopi hitam secukupnya, harus sesuai dengan kekentalan yang diinginkan. Untuk saran, kita bisa memakai minimal 1 Sdm.
  2. Tambahkan gula sesuai dengan selera.

 

 

Cara mudah membuat kopi hitam:

  • Siapkan terlebih dahulu air dua cangkir, lalu panaskan di api yang sedang, jangan terlalu kecil, dan jangan terlalu besar.
  • Apabila air sudah hampir matang atau sudah panas, maka masukkan bubuk kopi hitam ke dalam air, aduk lah hingga air tersebut mendidih.
  • Saring kopi dari kain halus perlu disiapkan, dan juga dua buah mug berukuran sedang.
  • Setelahnya, kopi hitam panas tadi dituangkan ke salah satu mug sedang, lalu mulailah untuk menyaring. Angkat tinggi-tinggi mug di saat sedang menyaring, dan lakukan berkali-kali penyaringan hingga kopi hitam tersebut mengeluarkan busa.
  • Siapkan juga cangkir dengan gula, kemudian untuk terakhir kalinya masukkan ke dalam cangkir gula yang tadi telah disiapkan, lalu aduk secara merata.
  • Apabila 5 tahapan sudah dilakukan, maka kini tinggal menikmati secangkir kopi hitam bersama orang yang sedang bersama kita.

Resep Ampuh Kopi Bubuk Homemade

Sebagai anak rumahan tentunya kita juga penasaran dengan resep ampuh kopi bubuk homemade tradisional. Jika dipikir secara berulang resep ini sering menjadi pertanyaan orang-orang. Maka dari itu, kita perlu memperhatikan resep berikut ini.

Bahan yang perlu disiapkan:

-¼ kg kopi, cuci secara bersih, lalu tiriskan.

-3 gelas beras, cuci secara bersih, kemudian tiriskan.

-¼ buah kelapa iris secara tipis-tipis.

-3 buah bawang merah, sisihkan.

Cara mudah membuat kopi bubuk homemade ala tradisional:

  • Terlebih dahulu, sangrailah beras, bawang, kelapa hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan. Setelahnya masukan kopi dan sangrai kembali dalam waktu sekitar 45 menit. Jika sudah, angkatlah ke dalam wadah.
  • Tambahkan 1 Sdm gula ke dalamnya, apabila sudah dingin haluskan.
  • Kopi bubuk homemade telah siap untuk digunakan.

Bagaimana sangat mudah untuk diikuti bukan? Sebenarnya, baik secara tradisional atau modern tidak ada cara yang sulit selagi kita mau dan niat untuk membuatnya. Apalagi, cara dan resep membuat kopi hitam ala homemade tradisional pun sangat mudah untuk diikuti, termasuk oleh anak muda remaja yang mageran.

Jika penasaran dan ingin mencobanya di rumah, maka siapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Kita bisa membelinya di pasar atau supermarket terdekat yang menyediakan. Apabila semua telah tersedia, giliran kita membuktikannya.

Tunjukkan pada mereka, bahwa kita bisa membuat kopi hitam homemade ala tradisional yang nikmat dan cocok diseruput bersama-sama. Pokoknya, siap menghangatkan tenggorokan dengan kenikmatan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.