Kopi : Kegunaan, Sejarah, dan Pengetahuan Pentingnya

Kopi : Kegunaan, Sejarah, dan Pengetahuan Pentingnya

Kopi bisa dikatakan adalah salah satu minuman dengan popularitas paling tinggi di bumi. Bukan cuma aromanya yang nikmati, akan tetapi manfaat yang dibawa oleh minuman ini juga bikin para pekerja yang ingin bekerja, bergadang menjadi tetap terjaga. Di samping itu, bahkan banyak yang menjadikan kopi sebagai sebuah mediasi yang menengahi mereka untuk melakukan bincang-bincang kecil bersama dengan teman-teman di kala santai. Mungkin jika sobat-sobat sekalian sering nongkrong di warkop, merk brand Kapal Api adalah yang paling sering disajikan. Tapi, apakah kalian tahu sejarah kopi?

Kopi : Kegunaan, Sejarah, dan Pengetahuan Pentingnya

Nah, kopi lovers apakah belakangan ini menjadi tertarik kpeada kopi? Namun, apakah Anda benar-benar sudah tahu tentang beberapa fakta unik mengenai minuman yang mengandung stimulan ini? Jika anda benar-benar baru menuangkan jiwa dan perasaan kepada kopi, maka artikel ini jadi bahasan yang akan jadi menarik untuk kalian. Seduh kopi kalian dan ikmati pembawaan artikel kali ini.

Sejarah Kopi dan Asal Muasal Kopi Yang Tidak Banyak Diketahui Penikmatnya

Abad kesembilan adalah pertama kali di mana sejarah mencatatkan tentang penemuan biji kopi. Tepatnya hal tersebut ada di benya Afrika pada wilayah Etiopia. Pada saat tersebut, masyarakat di sana mengkonsumsinya dengan alasan untuk bikin energi mereka jadi lebih bertahan lama. Akan tatapi barulah seratus tahun berlalu, penyebaran kopi mulai terjadi pada bagian Semnanjung Arab. Hal ini tentu sja berbeda dengan Etiopia itu sendiri yang notabene masih melakukan pengolahan terhadap kopi dengan cara yang terbilang cukup kuno.

Kopi : Kegunaan, Sejarah, dan Pengetahuan Pentingnya

Arab pada jaman tersebut sudah lebih mengerti tentang bagaimana cara membuat sari kopi bisa terekstrasi dengan baik. Dimulai dari sinilah kopi pun jadi lebih tersebar lagi popularitasnya, sehubungan dengan manfaat utamanya yaitu untuk membuat rasa kantuk menjadi hilang seketika.

Singkat kata, kepopuleran daripada kopi itu sendiri akhirnya pun tidak terbendung hingga orang-orang di Benua Eropa jadi mulai tertarik akannya. Negara Belanda merupakan yang pertama membuat budidaya atas biji kopi setelah masuk ke sana tahun 1615 yang silam. Setelah itu selanjutnya kopi pun terus menjamah ke benua-benua lainnya secara alamiah karena ketenarannya dari mulut ke mulut. Sampai pad akhirnya tahun 1727, benua Amerika pun kebagian kopi dan di Brasil, mereka membudidayakannya.

Baca juga  8 Jenis Kopi Terbaik Nusantara! Kenali Karakteristiknya Di Sini...

3 Macam Biji Kopi Yang Paling Tenar Sekarang Ini Di Dunia

Kopi : Kegunaan, Sejarah, dan Pengetahuan Pentingnya

Para pemula kopi pastinya memikirkan bahwa kopi manapun yang dikonsumsi, itu sama saja. Namun jika Anda benar-benar adalah seorang kopi maniak, pastinya membantah hal tersebut. Mengapa? Karena sebagaimana diketahui bahwa hingga abad ini terdaftar setidaknya ada 3 jenis biji kopi yang terkategori serta memiliki keunikannya masing-masing, yaitu :

  1. Biji Kopi Arabika

Merupakan yang paling umum dikonsumsi. Populer karena dianggap mempunyai cita rasa yang paling oke dibanding lainnya. Biji kopi inilah yang pertama kali menjadi garapan dari bangsa Etiopia itu sendiri. Khas utama dari kopi arabika itu sendiri terletak kepada biji awalnyay angb erwarna kehijauan dan kecil-kecil sebelum di-roasting.

  • Biji Kopi Robusta

Biji kopi satu ini asal muasalnya adalah dari Kongo. Kafein yang dimiliki oleh Robusta mungkin 2 hingga 3 kali lipat lebih tinggi. Maka daripada itu gak mengherankan deh jika tingkat keasamannya bikin beberapa orang yang memiliki masalah lambung jadi harus menghindari varian biji kopi satu ini. Alsan mengapa kafein yang terkandung di dalam biji kopi robusta lebih tinggi adalah disebabkan oleh karena proses penanamannya yang di dataran yang lebih rendah.

  • Biji Kopi Luwak

Untuk orang Indonesia, sebutan ‘Kopi Luwak” mungin sudah gak lagi menjadi seusatu yang aneh. Tapi untuk orang asing yang mungkin mengunjungi Indonesia sering kali merasa penasaran tentang mengapa jenis kopi satu ini begitu marak dan harganya begitu mahal? Proses pembuatan daripada biji kopi ini agak sedikti unik dan bagi beberapa orang mungkin terasa menjijikkan. Awalnya sih sebenarnya dari biji kopi arabika. namun biji kopi ini nantinya dikonsumsi oleh binatang bernama luwak. Setelah melalui proses pencernaan daripada binatang yang menyerupai tupai tersebut, biji kopi akan terfermentasi sehingga nantinya ketika biji kopi tersebut keluar dalam bentuk ‘poop’, seluruh citar asa kopi juga akan berubah. Inilah yang menjadi khas daripada kopi luwak itu sendiri.

Nah, kira-kira begitulah coffee lovers tentang sejarah singkat kopi dan juga beberapa jenis kopi yang harus diketahui oleh pemula yang baru ingin menuangkan jiwanya kepada secangkir kopi yang mungkin bisa menjadi makna kehidupan dan juga ingin tahu lebih dalam tentang minuman yang memiliki keajaiban tersendiri ini. Bagaimana menurut kalian?

Leave a Reply

Your email address will not be published.